Read more: http://majalah-blog.blogspot.com/2012/12/cara-buat-kotak-komentar-facebook-di.html#ixzz2GYh9wUSL MACAM-MACAM GAYA LOMPAT JAUH | ZENPUNYA

MACAM-MACAM GAYA LOMPAT JAUH

by in 10

Posting ini berawal saat saya di suruh pak sujanto ( guru olahraga saya) untuk membuat kliping olah raga. sayapun membuatnya dengan mencarai berbagai sumber di internet. namun sayang waktu itu artikel yang saya dapat tidak sesuai dengan apa yang saya pikirkan. untuk mensiasati hal itu sayapun menggolah berbagai artikel yang bersumber dari banyak situs dan blog jadilah artikel yang saya harapkan.
tapi saya mau minta maaf karena jujur tulisan dalam artikel ini adalah hasil copas dari berbagai sumber. dan sayapun sudah lupa sumbernya dari mana saja. untuk itu saya hanya dapat minta maaf dan semoga website atau blog yang artikelnya termuat disini mendapat pahala dan bahagia dunia akhirat. Ammin,,,,,

Lompat bagi merupakan salah satu aktivitas pengembangan akan kemampuan daya gerak yang dilakukan dari satu tempat ke tempat lainnya. Gerakan melompat merupakan salah satubentuk gerakan lokomotor. Untuk membina dan meningkatkan aktivitas pengembangankemampuan daya gerak, maka perlu diupayakan oleh guru pendidikan jasmani merancangbentuk-bentuk gerakan-gerakan yang memberikan daya tarik pada siswa. Pendekatan bermaindan kompetisi menjadi kata kuncinya. Secara umum gerakan melompat dapat dikelompokanmenjadi dua bagian, yaitu: (1) lompat jauh dan (2) lompat tinggi. Kedua jenis lompatan inidilakukan dengan menggunakan satu kaki tolakan. Jadi dalam melangsungkan kegiatan prosesbelajar mengajar dengan pendekatan bermain dan kompetisi guru harus lebih memfokuskan padapematangan keseimbangan dan kekuatan otot tungkai.
A.

Karakteristik Gerak Dasar Lompat
Lompat merupakan salah satu keterampilan pokok yang memiliki empat nomor yaitu;lompat jauh, lompat tinggi, lompat jangkit, dan lompat galah.
1.

 Lompat Jauh
Lompat jauh adalah keterampilan gerak berpindah dari satu tempat ke tempat lainnyadengan satu kali tolakan ke depan sejauh mungkin. Untuk memperoleh hasil yang maksimal,pelompat dapat melakukannya dengan berbagai gaya, yaitu:






A.          Lompat Jauh Gaya Jongkok (Gaya Orthodok)

antara 30 sampai 40 meter. Latihan kecepatan awalan dapat dilakukan dengan latihan-latihansprint 10 - 20 meter yang di lakukan berulang-ulang. Panjang langkah, jumlah langkah, dankecepatan berlari dalam mengambil awalan harus selalu sama. Menjelang tiga sampai empatlangkah sebelum balok tumpu, seorang pelompat harus dapat berkonsentrasi untuk dapatmelakukan tumpuan dengan kuat. Dengan catatan tanpa mengurangi kecepatan.2)

Tumpuan atau tolakan adalah perpindahan yang sangat cepat antara lari awalan danmelayang. Ketepatan tumpuan pada balok tumpu serta besarnya tenaga tolakan yangdihasilkan oleh kaki (explosive power) kaki sangatlah menentukan pencapaian hasillompatan. Oleh sebab itu, latihan ketepatan menumpu pada balok tumpu dapat dilakukandengan jumlah langkah sebanyak 5 hingga 7 langkah. Tumpuan kaki dapat di lakukan dengankaki kiri maupun kaki kanan tergantung dari kaki mana yang lebih kuat dan lebih dominan.Pada waktu menumpu badan condong ke depan, titik berat badan harus terletak agak kedepan, titik berat badan harus terletak agak ke depan. Titik sumber tenaga, yaitu kaki tumpumenumpu secara tepat pada balok tumpu, segera diikuti dengan gerakan kaki ayunkan kearah depan atas. Dengan sudut tolakan berkisar antara 40 – 50 derajat.3)

Melayang (sikap badan saat di udara) adalah setelah pelompat menumpu pada balok tumpuan, maka dengan posisi badan condong ke depan terangkat melayang di udara,bersamaan dengan ayunan kedua lengan ke depan atas. Untuk mendapatkan tinggi dan jauhnya lompatan harus meluruskan kaki tumpu selurus-lurusnya dan secepat-cepatnya. Padawaktu naik, badan harus dapat ditahan dalam keadaan rileks (tidak kaku) kemudianmelakukan gerakan-gerakan sikap tubuh di udara (waktu melayang) inilah biasanya yang disebut gaya lompatan dalam lompat jauh. Pada waktu di udara dengan sikap jongkok saat kakitolak menolakkan kaki pada balok tumpuan, kaki diayunkan ke depan atas untuk membantumengangkat titik berat badan ke atas kemudian diikuti kaki tolak menyusul kaki ayun. Saatmelayang ke dua kaki sedikit di tekuk sehingga posisi badan berada dalam sikap jongkok.Keadaan ini supaya dapat dipertahankan sebelum melakukan pendaratan.4)

Mendarat adalah pada waktu mendarat pelompat harus menjulurkan kedua belah tangansejauh-jauhnya ke muka dengan tidak kehilangan keseimbangan badannya supaya tidak jatuhke belakang. Untuk mencegahnya berat badan harus di bawa ke depan dengan caramembungkukkan badan dan lutut hampir merapat dibantu dengan cara menjulurkan tangankedepan. Pada waktu pendaratan lutut dibengkokan sehingga memungkinkan suatu
 
momentum membawa badan ke depan atas kaki mendarat di lakukan dengan tumit terlebihdahulu mengenai tanah. 
B.Lompat Jauh Gaya Menggantung (Gaya Schnepper)
Gaya menggantung merupakan salah satu gaya dalam lompat jauh. Mengapa di sebutgaya menggantung, karena gerak dan sikap badan di udara menyerupai dengan orang yangsedang menggantung atau melenting ke belakang. Yang harus dikuasai unsur-unsur dalammelakukan lompat jauh gaya menggantung adalah; awalan, tumpuan/tolakan, melayang danmendarat. Tanpa penguasaan teknik yang baik dan benar hasil yang diperolehnya tidak akanmaksimal.1)

Awalan adalah gerak awal yang dimulai dengan lari, ini berguna untuk mendapatkankecepatan lari setinggi-tingginya sebelum mencapai balok tumpuan. Jarak awalan lari,tergantung pada tiap-tiap pelompat. Bagi para pemula mengambil awalan cukup 20 sampai25 meter, tetapi bagi atlet yang sudah mapan, untuk membangun kecepatan maksimum harusmengambil awalan antara 30 sampai 40 meter.2)

Tumpuan/tolakan merupakan perpindahan yang cepat antara lari, awalan dan melayang.Urutan melakukan tumpuan yang benar adalah;

Tolakan dengan salah satu kaki yang lebih kuat dan dominan.

Ketepatan tumpuan pada balok tumpu serta tenaga tolakan sangat menentukan hasillompatan.

Pada saat kaki menumpu pada balok, badan harus agak condong ke depan.

Titik berat badan harus terletek agak ke muka.

Gerakan kaki ayun ke arah depan atas.

Sudut tolakan kurang lebih 45 derajat.3)

Melayang (sikap badan saat di udara) adalah pelompat menumpu pada balok tumpuan, makabadan akan dapat terangkat di udara dengan sikap/gaya menggantung untuk melakukannya.

Pada saat melayang kaki diayun dan diangkat ke depan.

Kaki tolak selepas dari tanah diayunkan kembali ke belakang bersamaan atau sejajardengan kaki ayun.

Sikap badan dibusungkan ke depan atau melenting ke belakang.

Lengan diayunkan ke atas belakang.
 

Kepala tengadah.4)

Mendarat adalah pada waktu mendarat pelompat harus berusaha menjulurkan kedua belahtangannya. Sejauh-jauhnya kemuka serta tidak kehilangan keseimbangan badannya. Pada saatini biasanya timbul perasaan, badan akan jatuh ke belakang, untuk mencegahnya titik beratharus di bawa ke depan dengan jalan membungkukan badan, hingga badan dan lutut hampirmerapat, dibantu pula dengan juluran tangan ke muka. Pada waktu pendaratan lututdibengkokan sehingga memungkinkan suatu momentum membawa ke depan atas, kakimendarat dilakukan dengan tumit terlebih dahulu mengenai tanah.

C.Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara (Walking in the Air)Gaya berjalan di udara

merupakan salah satu gaya dalam lompat jauh. Mengapa di sebutgaya berjalan di udara, karena gerak dan sikap badan di udara menyerupai dengan orang yangsedang berjalan. Yang harus dikuasai unsur-unsur dalam melakukan lompat jauh gaya berjalan diudara adalah; awalan, tumpuan/tolakan, melayang dan mendarat. Tanpa penguasaan teknik yangbaik dan benar hasil yang diperolehnya tidak akan maksimal.

1)

Awalan adalah saat melakukan awalan sebaiknya dilakukan pada jarak yang dirasakan cukupmemadai oleh pelompat. Pelompat memiliki naluri yang berbeda antara pelompat yang satudengan yang lainnya. Yang perlu dipahami oleh seorang pelompat jauh adalahpengembangan akselerasi, distribusi energi, dan kecepatan. Agar saat tolakan tepat, guru bisamenggunakan tanda pada lintasan yang akan dilalui pelompat.2)

Tumpuan adalah saat melakukan tumpuan dapat digunakan kaki kiri atau kanan sesuaidengan kebiasaan pelompat. Sebaiknya gunakan kaki yang memiliki kekuatan dominan.Ketika kaki menumpu ke balok badan harus dicondongkan ke depan agar keseimbangan tetapterjaga. Pandangan ke depan dengan kedua lengan berada di samping atas badan.3)

Melayang adalah setelah pelompat menumpu pada balok tumpuan, maka badan akan dapatterangkat ke udara. Dengan melakukan sikap berjalan di udara kedua kaki saling bergantianmengayuh di udara. Sebelum kaki mendarat upayakan berada dalam posisi di udara selamamungkin, agar menghasilkan lompatan maksimal.4)

Mendarat adalah pada waktu mendarat pelompat harus berusaha menjulurkan kedua belahtangannya ke depan dan kemudian ditarik ke belakang. Sementara kedua kaki dilujurkan ke
 
depan sejauh mungkin. Daratkan kedua kaki secara bersamaan agar terhindar dari cedera.Jatuhkan berat badan ke depan.

10 Responses to “MACAM-MACAM GAYA LOMPAT JAUH”

atlit amatiran said...

blog yang sangat bagus.. cuma potonya kenapa ya ga tampil..??

Ihdi Zen said...

terimakasih sebelumnya teman,
oya itu ide bagus saya belum berpikir untuk memasukan photo saya. mungkin setelah kamu mengusulkanya saya akan memasangnya :)

veluza said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Ihdi Zen said...

maaf buat komenya vazula, saya enggak sengaja untuk menghapus komentar kamu.

lela sinta Isdiar said...

membantu UAS OR :)
THANKSS...,

Ihdi Zen said...

hehe, ok sama-sama teman :)

Jeliya Apriana said...

Blog yng bgus sngt membatu saya mengerjakan soal" yng ada :')

Jeliya Apriana said...

Sangat membantu mengerjakan soal :)

Jeliya Apriana said...

Sangat membantu mengerjakan soal :)

Ihdi Zen said...

Allhamdulillah, iya terimakasih telah berkunjung

ihdizein. Powered by Blogger.