Illustrator + Writter + Visual dakwah

Total Pageviews

Tuesday, January 6, 2015

REBRANDING MARCHENDISE PSCS CILACAP




rebranding marchendise pscs cilacap
 
 
rebranding marchendise tim sepak bola PSCS ini berawal dari kepedulian terhadap marchendise sepak bola PSCS yang dari segi estetika masih kurang. Kota cilacap yang merupakan kota industri membuat desain-desain yang ada kurang memperhatikan prinsip-prinsip desain. Selain itu minimnya pendidikan tentang seni membuat orang-orang cilacap kurang mengetahui baik atau buruknya suatu desain.
Berdasarkan hal tersebut saya ingin merebranding desain marchendie tim sepak bola PSCS. Marchendise tim sepak bola PSCS dipilih karena sepak bola merupakan olah raga yang familiar dikalangan masyarakat. Di cilacap tim sepak bola PSCS sedang menuju divisi utama. Hal itu membuat pertandingan yang dilakukan PSCS diliput oleh media televisi yang membuat kepopuleran PSCS meningkat.

Dari kepopuleran itu muncul industri-industri marchendise yang menjual nama PSCS. Dengan taget utama pasarnya adalah para suporter tim PSCS yang disebut LANUS atau laskar nusa kambangan. Jumlah suporter yang tak sedikit merupakan prospek besar terhadap penjualan marchendise PSCS.
Alasan kenapa memilih marchendise ini adalah karena saya ingin mengembangkan dan memperbaiki desain produk marchendise PSCS. Dan salah yang saya gunakan untuk pengembangan marchendise pscs ini adalah t-shirt, gantungan kunci, wpap pemain pscs, tas, pin, gelang, dan cangkir.
Pemilihan marchendise itu berdasarkan riset kepada masyarakat cilacap tentang apa saja marchendise yang mereka minati. Ditambah dengan hasil refrensi marchendise-marchendise tim sepak bola luar negeri. Tim yang saya pilih sebagai refrensi adalah manchaster united dan real madrid.
 
Proses Perancagan gambar desain.

1. Latar Belakang: setelah melakukan riset berupa sampeling terhadap 15 responden masayarakat cilacap. Diperoleh bahwa selera desain masayarakat cilacap cendrung ribet, estetis, dan dinamis. Dari hasil riset itu saya ambil untuk digunakan dalam pembuatan desain. 

2. Ide Desain. Ide desain didasari oleh riset yang saya lakukan serta beberpa refrensi dari berbagai sumber diinternet.

3. Konsep. Sesuai dengan hasil riset terhadap beberapa sampel masyarakat cilacap saya memfokuskan pada font. Dimana font ini nantinya sebagai unsur dominasi dalam marchendise. Saya memilih muscle font. Muscle font memberi kesan ribet, estetis dan dinamis. Selain itu sesuai dengan objeknya tim olah raga. Kelebihan font ini dibandingkan dengan font yang sebelumnya ada pada marchendise sebelumnya yang memakai blood font adalah font ini lebih sederhana.

 
   Abcdefghijk
   Lmnoqrstu
   vwxyz
                                                                                                                   blood



 
Comments
0 Comments

0 komentar:

ihdizein. Powered by Blogger.