REBRANDING MARCHENDISE PSCS CILACAP
rebranding marchendise pscs cilacap |
rebranding
marchendise tim sepak bola PSCS ini berawal dari kepedulian terhadap
marchendise sepak bola PSCS yang dari segi estetika masih kurang. Kota cilacap
yang merupakan kota industri membuat desain-desain yang ada kurang
memperhatikan prinsip-prinsip desain. Selain itu minimnya pendidikan tentang
seni membuat orang-orang cilacap kurang mengetahui baik atau buruknya suatu
desain.
Berdasarkan hal
tersebut saya ingin merebranding desain marchendie tim sepak bola PSCS. Marchendise tim sepak bola
PSCS dipilih karena sepak bola merupakan olah raga yang familiar dikalangan
masyarakat. Di cilacap tim sepak bola PSCS sedang menuju divisi utama. Hal itu
membuat pertandingan yang dilakukan PSCS diliput oleh media televisi yang membuat
kepopuleran PSCS meningkat.
Dari kepopuleran
itu muncul industri-industri marchendise yang menjual nama PSCS. Dengan taget utama pasarnya adalah para suporter
tim PSCS yang disebut LANUS atau laskar nusa kambangan. Jumlah suporter yang
tak sedikit merupakan prospek besar terhadap penjualan marchendise PSCS.
Alasan kenapa
memilih marchendise ini adalah karena saya ingin mengembangkan dan memperbaiki desain
produk marchendise PSCS. Dan salah yang saya gunakan untuk pengembangan
marchendise pscs ini adalah t-shirt, gantungan kunci, wpap pemain pscs, tas,
pin, gelang, dan cangkir.
Pemilihan
marchendise itu berdasarkan riset kepada masyarakat cilacap tentang apa saja
marchendise yang mereka minati. Ditambah dengan hasil refrensi
marchendise-marchendise tim sepak bola luar negeri. Tim yang saya pilih sebagai
refrensi adalah manchaster united dan real madrid.
Proses
Perancagan gambar desain.
1. Latar
Belakang: setelah melakukan riset berupa sampeling terhadap 15 responden
masayarakat cilacap. Diperoleh bahwa selera desain masayarakat cilacap cendrung
ribet, estetis, dan dinamis. Dari hasil riset itu saya ambil untuk digunakan
dalam pembuatan desain.
2. Ide Desain.
Ide desain didasari oleh riset yang saya lakukan serta beberpa refrensi dari
berbagai sumber diinternet.
3. Konsep.
Sesuai dengan hasil riset terhadap beberapa sampel masyarakat cilacap saya
memfokuskan pada font. Dimana font ini nantinya sebagai unsur dominasi dalam
marchendise. Saya memilih muscle font. Muscle font memberi kesan ribet, estetis
dan dinamis. Selain itu sesuai dengan objeknya tim olah raga. Kelebihan font
ini dibandingkan dengan font yang sebelumnya ada pada marchendise sebelumnya yang memakai blood font adalah font ini lebih sederhana.
Abcdefghijk
Lmnoqrstu
vwxyz
blood