Illustrator + Writter + Visual dakwah

Total Pageviews

Tuesday, July 19, 2016

KRITIK DESAIN IKLAN CETAK ROKOK AROMA SLIM



KRITIK DESAIN IKLAN CETAK ROKOK AROMA SLIM

Agency :  Seratuspersen Kreatif.
Desainer: Yanto Kusnawijayanto
Yanto Kusnawijayanto merupakan lulusan dari FSRD Universitas Trisakti.yang saat ini berprofesi sebagai digital imaging. Yanto  kusnawijayanto pernah mengerjakan beberapa proyek-proyek besarnya seperti IM3Comunication sebagai Art diector, Creatif designer di PT Telkom dan Art director PT Rose Brand.

 Dalam karyanya kali ini dia mengerjakan iklan cetak dari perusaan rokok aroma slim. Iklan cetak berbentuk persegi panjang dengan format landscap, digarap dengan teknik digital imaging yang menggabungkan beberapa foto menjadi satu kesatuan. Pada Iklan cetak disamping kiri terdapat copywriting bertuliskan “SLIM  di MATA MANTAP DIRASA” sementara dibagian kanan atas terdapat illustrasi binatang jerapah dan gajah yang ke-2nya seperti sedang bercermin melalui air sungai dengan latar belakang hamparan gurun yang luas. Dibgaian pojok kanan bawah terdapat tagline utama rokok “pantes puas!”. Font yang digunakan bertipe santserif.

Iklan cetak ini menggunakan beberapa warna seperti merah, biru, kuning dan coklat. Warna kuning keemasan pada logo aroma slim mempunyai kesan prestise. Komposisi yang digunakan berupa komposisi simetrsi. Dari warna kunning keemasan nampak bawhwa segmentasi rokok ini adalah kalangan menengah.  Rokok jenis ini lebih mengutamakan rasa dibandingkan tampilan luar rokok. Tulisan ini mengandung second meaning pada tulisan Slim dimata bisa dartikan sebagai ukuran rokok ini relatif kecil. Sedangka mantap dirasa merupakan cita rasa yang ditawarkan oleh rokok ini. Pengambilan jerapah dan gajah ditunjukan untuk mendukung copywritter tadi.
Di Iindonesia rokok masih diangap sebagai komoditi konsumsi yang berbahaya. Meski dalam rokok ini sudah tercantum tulisan peringatan merokok membunuhmu serta tulisan 18+ sebagai tanda bahwa rokok ini diperuntukan untuk orang dewasa ditambah dengan ilustrasi orag yang sedag merokok .  namun tulisan ini  masih mempunyai kekurangan untuk sebuah peringatan. Ukuran spacea yang kecil. kurang begitu . sedangkan tagline utama pasti puas mengacu memeberi kesan persuadif kepada konsumen untuk membeli rokok ini. Dengan jaminnan kepuasan akan ras yang ditawarkan  timabah dengan tanda untuk memeprtegas kepuasan yang ditawarkan leh rokok ini. Pemilihan binatang jerapah sebagai illustrasi dinilai kurang tepat karena jerapah merupakan binatang herbifora atau pemakan tumbuhan yang lingungan hidupnyadi tumbuhi pohon-pohon hijau. Sdangkandalam iklan cetak tersebut dingunakan jerapah ditampikan di sebuah gurun pasri
Comments
0 Comments

0 komentar:

ihdizein. Powered by Blogger.