KRITIK DESAIN POSTER SELAMAT IDUL FITRI GUDANG GARAM
sumber : gudang garam |
1. DESKRIPSI :
Desain poster ucapan selamat ramadhan RT. GUDANG GARAM Tbk Poster ini dibuat dalam rangkaa memperingati Idul Fitri 1435 H.Dapat dilihat terdapat copywritter "Karena Dihaapan-NYA Kita Semua adaalah Sama". Font yang digunakan bertipe sansserif denagn warna silver. Kemudian sosok seseorang yang sedang berjalan memasuki sebuah gedung. dari bentuk arsitekturnya merupakan bangunan masjid. Dibagian bawah terdapat beragam alas kaki sandal dan sepatu. Kemudian ada logo gudang garam. Latar pencahayaanya menggambarkan suasana saat maghrib. menggunakan teknik digital imaging yaitu menggabungkan beberapa photo menjadi sebuah satu kesatuan dengan software adobe photosop.
2. ANALISIS FORMAL:
Unsur-unsur desain
unsur desain yang dapat dilihat
dalam poster ini berupa font type sant serif dimana sant serif merupakan
type font yang tidak berkaki. Gelap terang nampak pada suasana sore hari yang tergambar dalam poster. Bentuk-bentuk
geometris banyak terdapat pada hiasan-hiasan dinding masjid. Warna yang
digunakan berupa warna monokromatik dan dinominasi warna orange.
Prinsip-prinsip desain:
Prinsip irama pada poster dapat dilihat pada susunan alas kaki. Irama berupa irama alternatif yang merupakan perulangan unsur scara bergantian sehingga tidak berkesan tidak menjemukan. Prinsip dominasi di tunjukan lewat perbedaan warna. Letak dominasinya ada pada teks yang bertuliskan karena dihadapan-NYA kita semua sama. Komposisi menggunakan ROT atau rule of third dimana mambagi karya poster menjadi 3/3 bagian.
3. INTERPRETASI:
Dilihat dari tagline karena dihadap-NYA kita semua sama. Poster ini mengingatkan publik yang melihat poster ini bahwa dihadapan Tuhan manusia adalah sama, tidak ada diferensiasi apapun baik kelas, status maupun jabatan. Hal itu juga ditegaskan dengan beragam illustrasi alas kaki. Illustrasi alas kaki seakan dibuat beragam sesuai dengan kelas yang ada pada masyarkat. Dimana sepatu berwarna coklat yang mempunyai kesan mewah dan klasik utuk golongan atas, sandal dari kayu untuk golongan bawah, sandal jepit untuk berbagai golongan dan sepatu cats yang biasanya dipakai oleh pelajar. Beragam alas kaki yang menyimbolkan bermacam tingkat status yang ada pada masyarakat tersusun rapih pada tangga masjid untuk sebuah pesan kesetaraan antara manusia satu dengan yang lainya dihapan Allah SWT.
Prinsip irama pada poster dapat dilihat pada susunan alas kaki. Irama berupa irama alternatif yang merupakan perulangan unsur scara bergantian sehingga tidak berkesan tidak menjemukan. Prinsip dominasi di tunjukan lewat perbedaan warna. Letak dominasinya ada pada teks yang bertuliskan karena dihadapan-NYA kita semua sama. Komposisi menggunakan ROT atau rule of third dimana mambagi karya poster menjadi 3/3 bagian.
3. INTERPRETASI:
Dilihat dari tagline karena dihadap-NYA kita semua sama. Poster ini mengingatkan publik yang melihat poster ini bahwa dihadapan Tuhan manusia adalah sama, tidak ada diferensiasi apapun baik kelas, status maupun jabatan. Hal itu juga ditegaskan dengan beragam illustrasi alas kaki. Illustrasi alas kaki seakan dibuat beragam sesuai dengan kelas yang ada pada masyarkat. Dimana sepatu berwarna coklat yang mempunyai kesan mewah dan klasik utuk golongan atas, sandal dari kayu untuk golongan bawah, sandal jepit untuk berbagai golongan dan sepatu cats yang biasanya dipakai oleh pelajar. Beragam alas kaki yang menyimbolkan bermacam tingkat status yang ada pada masyarakat tersusun rapih pada tangga masjid untuk sebuah pesan kesetaraan antara manusia satu dengan yang lainya dihapan Allah SWT.
4. EVALUASI:
Evaluasi untuk sebuah poster yang tujuanya digunakan di saat menyambut Idul Fitri. pesan yang terkandung didalamnya masih kurang sesuai dengan tema ramadahan. Juga type poster dengan second meaning ini masih kurang universal untuk menjangkau target masyarakat indonesia yang lebih cendrung lebih mudah untuk menangkap pesan secara langsung.
Evaluasi untuk sebuah poster yang tujuanya digunakan di saat menyambut Idul Fitri. pesan yang terkandung didalamnya masih kurang sesuai dengan tema ramadahan. Juga type poster dengan second meaning ini masih kurang universal untuk menjangkau target masyarakat indonesia yang lebih cendrung lebih mudah untuk menangkap pesan secara langsung.