KRITIK DESAIN IKLAN CETAK ROKOK AROMA SLIM
KRITIK DESAIN IKLAN CETAK ROKOK AROMA
SLIM
Agency :
Seratuspersen Kreatif.
Desainer: Yanto Kusnawijayanto
Yanto Kusnawijayanto merupakan lulusan
dari FSRD Universitas Trisakti.yang saat ini berprofesi sebagai digital imaging.
Yanto kusnawijayanto pernah mengerjakan
beberapa proyek-proyek besarnya seperti IM3Comunication sebagai Art diector,
Creatif designer di PT Telkom dan Art director PT Rose Brand.
Dalam karyanya kali ini dia mengerjakan iklan cetak dari perusaan rokok
aroma slim. Iklan cetak berbentuk persegi panjang dengan format landscap, digarap
dengan teknik digital imaging yang menggabungkan beberapa foto menjadi satu
kesatuan. Pada Iklan cetak disamping kiri terdapat copywriting bertuliskan “SLIM di MATA MANTAP DIRASA” sementara dibagian kanan
atas terdapat illustrasi binatang jerapah dan gajah yang ke-2nya seperti sedang
bercermin melalui air sungai dengan latar belakang hamparan gurun yang luas. Dibgaian
pojok kanan bawah terdapat tagline utama rokok “pantes puas!”. Font yang
digunakan bertipe santserif.
Iklan cetak ini menggunakan beberapa warna seperti merah, biru, kuning dan coklat. Warna kuning keemasan pada logo aroma slim mempunyai kesan prestise. Komposisi yang digunakan berupa komposisi simetrsi. Dari warna kunning keemasan nampak bawhwa segmentasi rokok ini adalah kalangan menengah. Rokok jenis ini lebih mengutamakan rasa dibandingkan tampilan luar rokok. Tulisan ini mengandung second meaning pada tulisan Slim dimata bisa dartikan sebagai ukuran rokok ini relatif kecil. Sedangka mantap dirasa merupakan cita rasa yang ditawarkan oleh rokok ini. Pengambilan jerapah dan gajah ditunjukan untuk mendukung copywritter tadi.
Di Iindonesia rokok masih diangap
sebagai komoditi konsumsi yang berbahaya. Meski dalam rokok ini sudah tercantum
tulisan peringatan merokok membunuhmu serta tulisan 18+ sebagai tanda bahwa
rokok ini diperuntukan untuk orang dewasa ditambah dengan ilustrasi orag yang
sedag merokok . namun tulisan ini masih mempunyai kekurangan untuk sebuah
peringatan. Ukuran spacea yang kecil. kurang begitu . sedangkan tagline utama
pasti puas mengacu memeberi kesan persuadif kepada konsumen untuk membeli rokok
ini. Dengan jaminnan kepuasan akan ras yang ditawarkan timabah dengan tanda untuk memeprtegas
kepuasan yang ditawarkan leh rokok ini. Pemilihan binatang jerapah sebagai illustrasi
dinilai kurang tepat karena jerapah merupakan binatang herbifora atau pemakan
tumbuhan yang lingungan hidupnyadi tumbuhi pohon-pohon hijau. Sdangkandalam
iklan cetak tersebut dingunakan jerapah ditampikan di sebuah gurun pasri