Illustrator + Writter + Visual dakwah

Total Pageviews

Saturday, October 20, 2012

GUE [terpaksa] jomblo bahagia


     Jomblo, satu kata yang sering digunakan oleh sebagian orang untuk mendeskripsikan seseorang yang enggak punya pasangan, tapi masih dalam konteks 'pacaran'. Kalo udah diluar konteks pacaran itu bukan jomblo lagi melainkan duda atau janda ( gue yang bego atau orang udah pada tau ya :P
Kita sebagai manusia diciptakan sebagai mahkluk sosial yang tak bisa hidup sendiri bin butuh orang lain. Itu bisa jadi satu alasan dari milyaran  alasan enggak enaknya ngejomblo apalagi dikalangan ABG, udah enggak zaman ngejomblo, kalo kata naga bonar itu apa kata dunia?
Tapi kalo kata buku yang gue baca sih enak atau enggaknya jomblo itu tergantung kitanya. lho ko bisa?
ya bisa dong, because what?  saat kita jomblo kita akan bilang gini " punya pacar kayanya enak dari pada jomblo" dan kita akan berusaha buat dapetin pacar untuk bisa pacaran, tapi kalo kita udah punya pacar dan pacaran kita juga akan bilang gini " lebih enak jomblo dari pada pacaran". Bener enggak?
      

        Kalo buat gue ini bener banget sekaligus mawakili sontrack hati gue saat ini T_T. Untuk itulah dimalam yang sesunyi ini saat gue sendiri tiada yang menemani gue mau berbagi cerita pengalaman gue sendiri tentang satu kali pacaran dan 17 tahun ngejomblo tapi inget! ini bukan karena gue enggak laku, oke. Lalu kenapa, mengapa, bagaimana, ko bisa? dan berbagai kata tanya lainya dan gue cuma bisa jawab " gue enggak tau". Bener! sampai saat ini gue enggak tau kenapa sampai detik ini gue masih sendirian sebatang kara tiada yang bisa berikanku ciuman apalagi pelukan. Padahal gue ini enggak jelek tapi juga enggak ganteng, ya panteslah kalo dibawa ke kondangan :D
     Gue sendiri juga heran kenapa sampai sekarang gue masih jomblo, heranya lagi gue itu Allhamdulillahnya masih beruntung dari temen-temen gue untuk segi 'fisik' tapi kenapa mereka itu malah lebih cepet dapetin pacar dari pada gue, mungkin kalian yang jomblo juga pernah merasakan seperti apa yang gue rasain, pernah merasa enggak adil.       
      Itulah yang pernah gue rasain saat liat temen-temen gue pacaran dan gue hanya bisa liat mereka sambil membayangkan kalo suatu saat nanti gue bisa seperti itu walaupun hanya sebatas di imajinasi tapi gue menikmatinya dan berharap suatu saat nanti itu bukan hanya dalam sebuah imajinasi tapi jadi sebuah kenyataan.( NGAREP)
    SD gue pernah sekali ngrasain itu apa cinta, kalo enggak salah namanya eksa. Itu adalah cinta anak monyet pertama gue di usia gue yang baru menginjak 8 tahun. Gue tertarik sama eksa karena dia cantik, pinter, manis dan yang paling bikin gue klepek-klepek adalah barisan giginya yang kaya biji mentimun ngebuat gue jatuh cinta sama giginya, Lho ko! maaf maksudnya sama orangnya ;). kendala terbesar gue buat pacaran sama eksa adalah pedekate, maklumlah di zaman gue SD dulu orang pedekate itu enggak segampang pedekate zaman sekarang. Sekarang pedekate itu tinggal kaya gini : kenalan+minta nomor hp + smsan = jadian. Tapi kalo gue dulu karena masih jarang yang punya hanphone terpaksa : kenalan+nulis surat+surat-suratan= jadian. 
      Nulis surat itulah yang kemudian jadi penghambat gue buat pedekate sama eksa maklumlah kata temen-temen gue tulisan gue itu kaya ceker bebek( kaki bebek) padahal menurut gue pribadi, tulisan gue itu lebih mirip ceker ayam ( kaki ayam) gamabaranya kalo gue nulis huruf "s" bentuknya itu bisa kaya pertir. itu baru huruf S belum yang lainya. Gue aja yang nulis sendiri sering bingung bacanya apa lagi tuh eksa. karena alasan itulah gue anggak berani ngirim surat sama eksa alahasil sampe lulus SDpun gue enggak pernah ngirim surat ke eksa.
         
          ngomong-ngomong soal pedekate, ada satu konsep yang menurut gue itu salah, kita udah sama-sama tau kalo cinta sekarang itu bukan karena apa adanya tapi ada apanya. hal itu buat gue wajar aja karena kebanyakan dari kita termasuk gue sendiri waktu pedekate cenderung buat menunjukin kelebihan yang kita miliki sama pasangan kita. contohnya aja saat pedekate sama seseorang dengan iming-iming materi dan orang itupun suka sama kita bahkan sampe pacaran. bukanya itu berarti orang itu suka sama materi yang elo pamerin buat pedekate? itu yang membuat lo "ada apanya" diamata orang yang lo suka. Alahasil dia suka sama lo bukan lagi bener-bener cinta karena cinta. padahal ya materi yang elo pamerin itu milik Allah yang dititipin sama orang tua loe, jadi kenapa mesti kaya gitu juga? HAYoo,,,
          
         Saran gue, coba deh pedekate dengan "menyembunyikan" apa yang kita miliki baik itu materi maupun sejenisnya.dengan kaya gitu kita bisa menilai apakah dia bener-bener cinta apa adanya atau ada apanya. baru nanti setelah pacaran lo bisa kasih tau ke pacar lo siapa diri lo sesunguhnya. hasssek..
         
            SMP, itu adalah awal pertama gue ngrasain cinta monyet sama Bunga namanya, seperti dalam lagu bondan and fade 2 black. bukan bunga mawar ataupun bunga bank apalagi bunga bangkai. Tapi bunga ini adalah bunga yang mempunyai wajah ekspresif bermata indah bulat, bibir munyilnya tak pernah lepas dari senyum. cahaya matanya menyinarkan kesejukan dan menyimpan sejuta pesona.
       bahkan dari ke-2 matanya terpancar kekuatan yang sanggup mengetarkan jiwa setiap orang yang melihatnya. dengan modal seperti itu rasanya bunga bisa saja jadi bintang sinetron, foto model, bintang iklan atau apalah? tapi pada kenyataanya gadis secantik bunga memilih untuk berbusana islami dan mendekatkan diri pada islam. sunguh untuk pertama kali dalam usia gue yang baru berumur 12 tahun gue seperti menemukan some body perfect dalam arti yang sebenar-benarnya yang membuat gue enggak bisa lagi kasih alasan untuk gue enggak jatuh cinta, atau tepatnya terperosok oleh cita. itulah pertama kali gue ngrasain cinta monyet. "Cerita Indah Namun Tiada Arti".  

sayangnya belum-belum aja gue udah minder. cw kaya bunga pasti yang ngantri berjibun. tampang juga paling enggak kaya kevin aprilio, dan yang pasti keren. bukan mahkluk yang tak bermateri, dipandang sebelah mata dan tak punya reputasai kaya gue. apalagi gue itu punya sifat terlalu pemalu sejak dulu. bener sih semestinya sebagai cwo aku lebih pede dan nggak usah terlalu pemalu. tap mau gimana lagi, udah bawaan dari sononya.
sifat ini bukan nggak pernah kasih kerugian, malahan sebaliknya. gimana enggak? gue di sekolah selalu minder dan nggak punya temen deket. yang paling parah adalah setiap jam istirahat gue nggak pernah keluar kelas meski dalam keadaan lapar sekalipun,
sikap gue yang pendiem + pemalu ini nyebabin gue susah untuk haya sekedar bilang I LOVE YOU sama cw. bahkan sangking susahnya perasaan sama bunga gue pendem selama tiga tahun bahkan sampai sekarang! 
      
       Mungkin karena perasaan takut buat ngungkapin perasaanlah yang ngebuat gue lebih betah sendiri alias ngejomblo. Setelah bertahun-tahun jomblo akhirnya di kelas dua SMA gue  bisa ngrasain juga yang namanya cinta gorila, itu adalah pacaran pertama gue sejak gue dilahirin. sayangnya pacaran pertama gue itu enggak bertahan lama, cukup tiga minggu gue pacaran satelah itu PUTUS! anehnya walaupun berakhir sad ending perasaan gue biasa-biasa aja kata guru bahasa ingris gue ( mr. tikno) " pacaran itu just for fun, putus yo ngono ora yo ngono" artinya pacaran itu hanya untuk senang-senang aja, putus yaudah enggak ya udah". dan kata mario teguh itu "nikmatilah jika jatuh cinta, dihianati, patah hati, segera siapkan diri untuk cinta yang lebih baik" toh waktu itu gue pacaran Allhamdulillahnya juga cuma smsan + sayang-sayangan enggak sampai nglakuin yang hal-hal yang di iginkan di warnet, seperti apa yang gue pernah baca kalo ABG sekarang lebih milih warnet sebagai tempat pacaran alasanya sepele selain karena aman juga bisa " tangan kanan megang mose, tangan kiri juga megangang mose" yang masih jadi pertanyaan buet gue mose sebelah kiri itu bentuknya kaya apa ya? :)
       
        Gue bersyukur waktu itu gue putus, ternyata Allah punya skenario yang jauh lebih indah dari apa yang gue rencanain sebelumnya, walaupun sejujurnya kata putus dalam waktu tiga mingu itu mengecawakan buat gue yang udah ngejomlo bertahun-tahun. but just ok gue berusaha untuk lupain kenangan itu. Setelah gue pikir walaupun awalnya pahit tapi ujungnya enak kalo di ibaratin itu kaya makan timun dari sisi pahitnya. Gue yakin Allah itu punya surprise buat gue tentang jodoh, gue yakin Allah itu maha adil, Allah akan menjodohkan hambanya yang baik dengan sesama hambanya yang baik pula. so selama gue berusaha utuk jadi orang yang baik "enggak InsyaAllah" lagi jodoh gue nantinya juga akan baik, Ammin.
setelah putus dari pacar pertama gue bukan berarti enggak ada usaha buat cari pacar lagi. Sayangnya hasilnya nihil dan saat itu gue disadarin sama materi stand up comedinya raditnya dika tentang ribetnya pacaran, mataerinya gini:

Pedekate. Pedekate juga norak. Mulai ada panggilan-panggilan sayang. Tau gak,, kalo awal-awal mula pedekate juga jijik tau gak. Mention-mentionan pertama kali kek gitu kan. Lalu ada panggilan sayang.
Kalo dia gendut “Endut… Bangun dong endut.. Tembem, bangun dong tembem. Kalo dia peang, eang. Bangun dong eangg. “
ada juga di zaman sekarang baru pacaran aja udah pangil mamah papa, apa lagi kalo udah nikah loe mau pangil kake nenek?
Pedekate juga norak. Banyak kejijikan yang tersimpan dengan pedekate. Yang paling jijik tau gak apa. Model lama. Telfon-telfonan. Akan ada tiba masanya dimana lo akan telfon-telfonan sama gebetan lo. Dan lo akan main siapa yang tutup telfon duluan. Itu gellliii. Di telfon gitu.
“Udah..udah pagi nih. Besok aku mau berangkat ke sekolah. Ya udah kamu tidur duluan. Kamu dong dulu tutup telfonnya”
“Enggak-enggak kamu dulu”
“enggak kamu dulu”
“KAMU DULU”
“ya udah kamu dulu”.
“sama-sama ya. Satttuuu, dduuuua, tttigggaaa, Kok gak ditutup?” Kok gak ditutup? Kenapa gak ditutup? Masih mau ngomong sama aku ya?
“Iya. Ehehehemhm.”
Pedekate. liat orang pedekate, semua akan lo cocok-cocokin dengan gebetan lo. Lo baca majalah gitu katakan majalah GADIS. Lo liat gebetan lo capricon. Lo virgo.
“ihh, baca di majalah GADIS, capricon sama virgo, si doi cocokk. Bener kan? Bener kan?”
Tapi ketika gak cocok capricon gak cocok sama virgo. Wah. Lempar. Bakar. Bakar. Bakar. Bakar. Ini musyrik. Ini musyrik.
Diputusin. Diputusin tau gak alasannya gak enak banget. Tau gak alasan yang biasa orang bilang kalo mutusin alasannya bullshit banget.
“kamu terlalu baik buat aku” Gua harus jawab apa?
Gua jawab “maaf sayang, aku coba buat lebih jahat lagi sama kamu.”
Apaa? Gua pernah diputusin di sekolah gue waktu itu sama pacar gue di sekolah.
“kalo jodoh kita ketemu lagi”
“kita kan satu sekolah beggoo.
 Itu yang nyadarin gue kalo mungkin sebaiknya gue pending dulu untuk pacaran, toh walaupun gue jomblo hidup juga enggak akan berakhir malahan gue pikir gue akan lebih leluasa untuk ngembangin potensi yang udah diberikan Allah sama gue tanpa ada sosok yang mbatesin gue untuk lakukan apapun yang gue suka selama itu "positif".  contohnya aja gue bisa manfaatin waktu yang biasanya saat pacaran digunain untuk nulis sms gue bisa ganti dengan aktifitas ngeblog gue, gue juga lebih bisa ngatur keuangan tanpa perlu mikirin buat bayarin seseorang, gue juga enggak usah wajib lapor saat ditanya pacar kamu dimana, dengan siapa semalem berbuat apa ( kaya lagunya kangen band). 
       
         Tanpa terasa udah satu tahun lebih setelah gue putus sama pacar pertama gue dan nutup hati buat cw lain. selama satu tahun ini gue coba ngebandingin saat gue pacaran dan saat gue ngejomlo hasilnya jomblo atau enggak perbedaanya enggak begitu signifikan. sedihnya Paling-paling hp gue yang sepi enggak ada sms masuk T_T. Senengnya gue enggak mikirin dia saat gue mau tidur, itu nyebabin gue insomnia alias susah tidur gara-gara tiap kali mau tidur gue mikirin dia terus sampe berjam-jam. itu nyiksa buat gue!
gue juga enggak gampang kangen lagi, saat pacaran enggak ketemu beberapa hari aja udah kaya bertahun-tahun, fenomena ini gue temuin di fb saat ibur sekolah banyak temen-temen yang update kaya gitu. Padahal menurut gue walapun dikangenin ber tahun-tahun pasangan kita juga tetep kaya gitu, terkecuali kalo pacar lo nekat operasi kresek, insyaAllah pacar lo baru berubah :D
       
          Sekarang! gue coba menikmati ini semua. gue berusaha buat mengejar mimpi-mimpi gue dulu, sampai suatu saat nanti gue dipertemukan dengan jodoh terbaik olehNYA.
pesan gue bagi elo yang masih sendiri bin jomblo nimatilah ini dan tengoklah kearah lain bahwa cinta itu realistis hidup itu engak hanya makan cinta kawan. masih banyak hal yang perlu lo lakukan daripada hanya meratapi kesendirian lo ini!
dan juga tetaplah jadi orang yang ideal tanpa perlu jadi idealis dalam memilih pasangan hidup lo.

thks udah mau baca coret-coret gue ini. :)
JOMBLO ITU SERU! ( KADANG KADANG)  :)


Comments
2 Comments

2 komentar:

Anonymous said...

nice bro :)

Unknown said...

haha, thks gan :)

ihdizein. Powered by Blogger.